Tuesday, January 30, 2007

ROV : Robot Pintar di Bawah Laut

Geo-Informatika ISSN : 0854-2848
Volume 13 No.1, Desember 2006

Oleh : Fajar Triady Mugiarto
Staf Bidang Pemetaan Dasar Kelautan, Pusat PDKK, Bakosurtanal
Pernah bekerja di PT Calmarine (Oceaneering) sebagai Offshore Navigator Engineer



Setahun setelah badai tsunami berlalu, para peneliti dari Jepang dan Indonesia melakukan pelayaran ke perairan Aceh dengan kapal R/V Natsushima, milik Japan Agency for Marine-Earth Science and Technology (JAMSTEC). Mereka mendeteksi penyebab terjadinya bencana tsunami 26 Desember 2004 tersebut melalui rekahan lempengan dan biota laut dengan menggunakan sebuah robot ROV. Hasil dari penelitian ini akan menjadi acuan bagi para peneliti untuk memprediksi gempa-gempa atau tsunami berikutnya.(www.metronews.com, 10/06/2006).
Sebelumnya, pada bulan Mei 2005, juga telah dilakukan sebuah proyek dengan nama Sumatra Earthquake and Tsunami Offshore Survey (SEATOS 2005). Proyek ini melibatkan ilmuwan mancanegara dari berbagai bidang ilmu seperti seismologi, geofisika, biologi, dan tsunami, yang tujuannya melakukan investigasi tentang perubahan yang terjadi di dasar lautan India, pasca tsunami. Survei tersebut dilakukan di atas kapal survei M/V Performer milik Oceaneering International, Houston, Texas, yang antara lain menggunakan ROV Magellan 825, ROV yang bisa beroperasi sampai dengan kedalaman 7500 m.(http://www.armadaproject.org/journals/2005-2006/holt.htm)
Di bidang perminyakan dan gas lepas pantai, baik di dalam maupun luar negeri, penggunaan ROV sudah tidak asing lagi. Mulai dari perencanaan, pemasangan atau konstruksi sampai dengan perawatan fasilitas bawah laut tidak lepas dari peran ROV.

Demikian juga untuk keperluan pertambangan, jasa ROV pernah digunakan oleh salah satu perusahaan tambang emas di Sumbawa pada tahun 1999-2000 dalam rangka pemasangan dan monitoring tailing line (pembuangan limbah) di palung laut selat Alas, Nusa Tenggara Barat.

Apa itu ROV?
Menurut Marine Technology Society ROV Committee's "Operational Guidelines for ROVs" (1984) dan the National Research Council Committee's "Undersea Vehicles and National Needs" (1996), didefinisikan bahwa ROV (Remotely Operated Vehicle) pada dasarnya sebuah robot bawah laut yang dikendalikan oleh operator ROV, untuk tetap dalam kondisi yang aman, pada saat ROV bekerja di lingkungan yang berbahaya. Sistem ROV terdiri atas vehicle (atau sering disebut ROV itu sendiri), yang terhubung oleh kabel umbilical ke ruangan kontrol dan operator di atas permukaan air (bisa di kapal, rig atau barge). Juga sistem kendali, sistem peluncuran dan sistem suplai tenaga listrik maupun hidrolik. Melalui kabel umbilical, tenaga listrik dan hidrolik, juga perintah-perintah, atau sinyal-sinyal kontrol, disampaikan dari ruang kontrol ke ROV, secara dua arah.
ROV dilengkapi dengan peralatan atau sensor tertentu seperti kamera video, transponder, kompas, odometer, bathy (data kedalaman) dan lain-lain tergantung dari keperluan dan tujuan surveinya.

Sejarah ROV
Secara pasti siapa yang pertama kali membuat ROV tidak diketahui secara jelas. Tapi setidaknya ada dua peristiwa penting, ketika diluncurkannya PUV (Programmed Underwater Vehicle) yang dibuat oleh Luppis-Whitehead Automobile di Austria pada tahun 1864. Sebutan ROV sendiri pertama kali dibuat oleh Dimitri Rebikoff tahun 1953, yang membuat ROV dengan nama POODLE. (Marine Technology Society)
Angkatan Laut Amerika Serikat, dengan teknologi tinggi mengembangkan ROV untuk mengangkat ranjau-ranjau di dasar laut dan peristiwa hilangnya bom atom di Spanyol pada kecelakaan pesawat di tahun 1966.
Generasi berikutnya dengan semakin berkembangnya teknologi, ROV banyak digunakan untuk mendukung pekerjaan di pengeboran minyak lepas pantai. ROV pertama kali yang dilibatkan dalam hal tersebut adalah RCV-225 dan RCV-150 yang dibuat oleh HydroProducts, Amerika Serikat.
Dewasa ini, pada saat kecenderungan eksplorasi minyak dan gas semakin dilakukan pada laut dalam, ROV telah menjadi suatu bagian yang penting dari operasional tersebut.

Apa yang dapat ROV lakukan
Pemakaian ROV digunakan baik untuk kalangan militer, bisnis atau komersial, maupun akademis dan riset.
Sebagai contoh untuk tujuan komersil di dunia pengeboran minyak dan gas lepas pantai adalah sebagai berikut:
  1. Menyertai para penyelam, untuk meyakinkan bahwa para penyelam dalam keadaan aman dan siap memberi bantuan
  2. Inspeksi atau pemeriksaan anjungan atau kilang minyak, dari mulai pemeriksaan visual sampai menggunakan alat tertentu untuk memonitor efek dari korosi, kesalahan konstruksi, mencari lokasi keretakan, estimasi biologi untuk pencemaran
  3. Inspeksi Jalur pipa, mengikuti jalur pipa bawah laut untuk mengecek adanya kebocoran, menentukan perkiraan umur pipa dan meyakinkan bila instalasi pipa dalam kondisi baik.
  4. Survei, baik visual maupun survei menggunakan gelombang suara, diperlukan sebelum pemasangan pipa, kabel, dan fasilitas bawah laut lainnya.
  5. Pendukung pengeboran dan konstruksi, dari inspeksi visual, memonitor pelaksanaan pengeboran dan konstruksi, sampai melakukan perbaikan-perbaikan jika diperlukan.
  6. Memindahkan benda-benda berbahaya di dasar laut, terutama di sekitar fasilitas bangunan seperti kilang minyak. ROV terbukti lebih bisa menekan biaya untuk menjaga daerah tersebut tetap aman dan bersih.

Di bidang telekomunikasi, yaitu mendukung pekerjaan pemasangan kabel telekomunikasi bawah laut, selain memonitor, juga menjaga agar pemasangan kabel sesuai dengan prosedur sehingga terlindung dari gangguan nelayan (kapal trawler) dan kemungkinan kapal membuang jangkar.
Bidang riset, antara lain yang telah disebutkan diatas, salah satunya menginvestigasi perubahan-perubahan yang terjadi di dasar laut pasca gempa dan tsunami.

Tipe-tipe ROV berdasarkan kelasnya
ROV terbagi atas berbagai tipe, tergantung dari kemampuan dan fungsi kerjanya.
Ada Small Electric Vehicle, ROV kecil, berdimensi mini untuk kedalaman kurang dari 300m, biasanya untuk keperluan inspeksi dan pengamatan, digunakan untuk inspeksi perairan pantai, juga untuk ilmiah, SAR, waduk, saluran air dan inspeksi nuklir.
Ada juga berdasarkan kemampuan kerjanya seperti tipe Work Class Vehicle, yang menggunakan listrik dan hidrolik sebagai sumber tenaganya. Sebagian besar tipe ini untuk mendukung pekerjaan pengeboran lepas pantai, seperti ROV seri Magnum, milik Oceaneering.

Bagaimana sistem penentuan posisi ROV di bawah laut?
Sistem ROV pada umumnya bekerja diatas wahana apung seperti kapal, barge, atau rig. Bila sistem ROV dipasang diatas kapal, maka posisi ROV di bawah laut akan mengacu pada titik referensi di kapal. Untuk keperluan survei, kapal biasanya menggunakan DGPS (Differential Global Positioning System) sebagai penentuan posisi utamanya. Sedangkan untuk posisi di bawah laut, sistem ROV dilengkapi dengan alat penentuan posisi bawah laut menggunakan gelombang suara (Acoustic Underwater Positioning). Salah satu metode ini adalah Ultra Short BaseLine (USBL), yang akan mengukur jarak, kedalaman, dan azimut ROV terhadap transduser USBL yang dipasang di kapal.
Posisi ROV dan data navigasi lainnya, dalam sistem koordinat tertentu akan didapat dan melalui perangkat lunak navigasi tertentu, akan dikirimkan secara real time ke ruang kontrol ROV.

Sistem ROV disamping menggunakan teknologi mutakhir, juga didukung oleh sumber daya manusia yang profesional di bidangnya. Dukungan peralatan suku cadang dan training bagi para operatornya selalu dilakukan secara periodik.
Penerapan khususnya di bidang riset di Indonesia harus terus ditingkatkan, disamping kerjasama dengan pihak asing, juga diharapkan teknologi ROV dapat dikuasai oleh bangsa kita sendiri nantinya.

20 comments:

patriasitanggang said...

maaf mas. gmana saya bisa menghubungi mas? soalnya saya lagi ingin mengetahui ttg ROV lebih dalam.
terima kasih.
saya patria sitanggang dari trisakti jakarta jurusan desain produk.

mamass said...

pak saya tertarik untuk mengikuti pelatihan ROV, adakah lembaga pelatihan d indonesia ini yang mengadakan pelatihan tersebut? dimanakah tempatnya n apa nama lembaga pelatihannya?

AbuSalman said...

Buat Patriasitanggang,dan Mamass maaf saya baru bisa menanggapi. Kalo ingin mempelajari lebih lanjut tentang ROV bisa kontak ke Oceaneering Batam.
Komp. Bintang Industrial Park
Lot No. 29, Kel. Batu Ampar
Batam, 29451
Indonesia

Phone (62 778) 413007
Fax (62 778) 413017

atau hub Pak Raja Khaidir (workshop manager) 08127047296

Memang Oceaneering bukan lembaga pelatihan, namun perusahaan yang mensupport oil & gas company lepas pantai....tapi coba saja, soalnya dulu sering merekrut fresh graduate untuk ditraining ROV di US.

AbuSalman said...

Buat Patriasitanggang,dan Mamass maaf saya baru bisa menanggapi. Kalo ingin mempelajari lebih lanjut tentang ROV bisa kontak ke Oceaneering Batam.
Komp. Bintang Industrial Park
Lot No. 29, Kel. Batu Ampar
Batam, 29451
Indonesia

Phone (62 778) 413007
Fax (62 778) 413017

Memang Oceaneering bukan lembaga pelatihan, namun perusahaan yang mensupport oil & gas company lepas pantai....tapi coba saja, soalnya dulu sering merekrut fresh graduate untuk ditraining ROV di US.

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

yang tertarik
bisa email di batamtraining@oceaneering.com

utk ditraining biasanya di test terlebih dahulu ...

silahkan mencoba....

AbuSalman said...

Halo Dieth....apakabar??
gimana Batam nih...makin mantap aja kayaknya di Oceaneering...

Unknown said...

kabar baik nih
ini abu atau fajar nih ?
pakabar ?, yaa gwe kerjanya selama ada komputer di pake di oceaneering gue masih di hire.. hueheuheue.....

jefrie said...

Dear Mas Abu,

Salam kenal saja, Saya tertarik membaca artikel tentang ROV,Kiranya kita dibagikan pengalaman selama bekerja di ROV suka dukanya dan tantangan selama di offshore ?

Trims.
Jefrie

jefrie said...

Dear Pak Didieth,

Salam kenal saja, Kira kira ada lowongan tidak pak di Oceaneering dan biasanya lowongan ROV di post dimana ya.

Trims

Unknown said...

Hi Jef
saya kurang tahu ada lowongan atau tidak, sepertinya tidak ada, mrk biasanya dipost kahn dimana aja
selama Oceaneering ada kerjaan biasanya di daerah china, jepang, korea, vietnam dll

utk detail bisa emial ke batamtraining@oceaneering.com atau recruit-rovspore@oceaneering.com

Rgds

azhghifari said...

mas sy sangat tertarik dengan rov,apa boleh sy sharing2 ttg Rov, kebetulan sy & beberapa teman sy dikampus sedang mencoba untuk membuat rov

abie_lh said...
This comment has been removed by the author.
software said...

Pak Dikdik, saya lulusan teknik kelautan itb dan tertarik dalam pekerjaan yang menggunakan ROV.

saya sudah coba email be alamat email yang bapak berikan, namun statusnya fail (tidak terkirim).

Apakah ada cara lain untuk memasukan lowongan pada oceaneering batam?

robot supriyanto said...

pak gimana caranya saya bisa masuk di perusahaan ini....saya sangat tertarik dan tertantang

robot supriyanto said...

pak gimana caranya saya bisa masuk di perusahaan ini....saya sangat tertarik dan tertantang

robot supriyanto said...

pak gimana caranya saya bisa masuk di perusahaan ini....saya sangat tertarik dan tertantang

Leviatan said...

wah kebetulan ini yang sedang saya kerjakan pak..
kalau bapak berkenan saya ingin tau lebih lanjut mengenai perkembangan ROV hingga saat ini atau ..
Sebelumnya saya andrian prisdianto pak mahasiswa tingkat akhir ITS..
terimakasih sebelumnya pak...
saya sertakan email saya apabila ada informasi soalnya email yang diberitahukan tidak bisa dihubungi..
andrian_prisdianto@yahoo.com

regards
andri

Leviatan said...
This comment has been removed by the author.
Hasjrul Husnul Malik said...

pak, saya mahasiswa kelautan IPB, saya bersama tim saya akan ikut lomba rov di hongkong dan florida, kami mohon doanya ya pak