Wednesday, January 31, 2007

HIJAMAH atau BEKAM


Berawal dari sabda Rasullulah: "Jibril memberitahu padaku bahwa hijamah merupakan pengobatan paling bermanfaat bagi manusia."

Rasulullah saw bersabda : “Pada malam aku diisra’kan, aku tidak melewati sekumpulan malaikat melainkan mereka berkata,’Wahai Muhammad, suruhlah umatmu melakukan bekam.” (HR. Ibnu Majah dan At Tirmidzi)

Sabda beliau yang lain : “Kalau lah dalam sesuatu dari apa yang kalian pergunakan untuk berobat adalah baik, maka hal itu adalah berbekam.” (Shahih Sunan Abu Dawud)

“Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah berbekam.” (Shahih menurut syarat Asy Syaikhainy)

Dalam sejarahnya, bekam merupakan pengobatan yang dilakukan oleh Rasulullan SAW, Beberapa teks-teks hadis yang dinilai sahih menjadi referensi bekam. Sebut misalnya hadits Shahih Al Bukhari, Dari Said Ibnu Jabir dari Ibnu Abbas dari Nabi Saw “Kesembuhan itu ada 3 hal, yaitu hijamah, habbatusauda (madu, jinten hitam) dan pengobatan dengan besi panas, dan aku melarang ummatku melakukan pengobatan dengan besi panas.”.Bahkan terdapat naskah hadis yang menyebutkan rasulullah SAW melakukan bekam pada saat dia merasakan gangguan kesehatan.
Dari hadits-hadits di atas, nyatalah bagi kita bahwa berbekam itu merupakan pengobatan pilihan pertama, bukan alternatif kedua.
Sebagai metode pengobatan, bekam merupakan pilihan yang paling tepat ketika dunia kedokteran tidak bisa mengatasinya. Tanpa teknologi canggih, bekam, bahkan, mampu menyembuhkan 72 jenis penyakit.
Bekam, atau dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah hijamah, berarti membuang darah. Tapi, dilihat dari prakteknya, bekam merupakan metode pengobatan dengan cara mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh melalui permukaan kulit. Yang dimaksud dengan darah kotor adalah darah yang mengandung racun atau darah statis yang menyumbat peredaran darah, mengakibatkan sistem peredaran darah dalam tubuh tidak berjalan sebagaimana adanya, sehingga menyebabkan terganggunya kesehatan seseorang, baik secara fisik maupun mental.

Teknik pengobatan bekam, merupakan suatu proses membuang darah kotor (toksin-racun yang berbahaya dari dalam tubuh), melalui permukaan kulit. Toksin merupakan endapan racun/zat kimia yang tidak dapat diuraikan oleh tubuh kita. Toksin ini berada pada hampir setiap orang. Toksin – toksin ini berasal dari pencemaran udara, maupun dari makanan yang banyak mengandung zat pewarna, zat pengembang, penyedap rasa, pemanis, pestisida sayuran. Proses itu juga dikenal sebagai proses detoksifikasi.
Bekam merupakan suatu teknik pengobatan Sunnah Rasulullah Saw yang telah lama dipraktekkan oleh manusia sejak zaman dahulu kala, kini pengobatan ini dimoderenkan dan mengikuti kaidah–kaidah ilmiah, dengan menggunakan suatu alat yang praktis dan efektif diantaranya menggunakan alat bantu, berupa penghisap (hand pump), cawan (cupping set), pena Jarum (lancet device), silet atau jarum (Setelah disterilisasi), antiseptik dan sarung tangan kesehatan (rubber gloves). Hingga saat ini terapi ini masih banyak dilakukan, bahkan di Malaysia terdapat institusi yang mengajarkan terapi ini di Kampus Kolej RIMAC di Kelantan dengan nama penggagas, Prof Dr Nik Omar.
Dapat disimpulkan bahwa metode pengobatan bekam merupakan suatu teknik detoksifikasi (pengeluaran racun dalam tubuh) yang efektif menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit dari yang ringan hingga berat sekalipun dengan menghilangkan sumber penyakitnya, bukan gejalanya saja, tanpa memiliki akibat sampingan.
Sebagai suatu metode pengobatan, tentunya bekam mempunyai khasiat. Di antaranya adalah:
1. Mengeluarkan darah kotor, baik darah yang teracuni maupun darah yang statis, sehingga peredaran darah yang semula tersumbat menjadi lancar kembali.
2. Meringankan tubuh. Banyaknya kandungan darah kotor yang menumpuk di bawah permukaan kulit seseorang akan mengakibatkan terasa malas dan berat. Jika dibekam, maka akan meringankan tubuhnya.
3. Menajamkan penglihatan. Tersumbatnya peredaran darah ke mata mengakibatkan penglihatan akan menjadi buram. Setelah dibekam, peredaran darah yang tersumbat kembali lancar dan mata bisa melihat dengan terang.
4. Menghilangkan berbagai macam penyakit. Rasullulah SAW mengisyaratkan ada 72 macam penyakit yang dapat disembuhkan dengan jalan berbekam, seperti: Asam urat, darah tinggi, jantung, kolesterol, masuk angin, migrain, sakit mata, stroke, sakit gigi, vertigo, sinusitis, jerawat, sembelit, wasir, impotensi, wasir, kencing manis, liver, ginjal, pengapuran dan lain lain.

Sebaiknya berbekam saat perut dalam keadaan kosong (berpuasa) karena bila dilakukan dalam keadaan perut penuh, justru bisa mendatangkan penyakit. Darah yang keluar dari setiap titik yang dibekam berbeda-beda bentuknya. Ada yang sedikit, tapi ada juga yang banyak. Umumnya darah yang keluar berwarna agak kehitaman, bahkan ada yang mengental seperti marus. Artinya, penumpukan racun yang menyumbat aliran darah begitu banyak dan sudah terlalu mendekam di bawah kulit. Yang menarik, setelah seseorang dibekam, ia merasakan badannya lebih segar dan tidur lebih nyenyak, serta ketergantungan akan obat-obatan kimia mulai berkurang.



Abu Salman

(dari berbagai sumber)

5 comments:

abu fatih-khalifa said...

Di Indonesia, udah ada metoda pengobatan seperti ini?

Abu Falaah said...

DI INDONESIASUDAH BUANYAK YANG AHLI MEMBEKAM BAHKAN DI SEMARANG SUDAH ADA DOKTER YANG MEMODIFIKASI TERAPI DENGAN BEKAM DISAMPING TETAP PAKAI OBAT2AN KIMIA, BISA LIHAT DI SUARA MERDEKA.

AbuSalman said...

Memang sudah menjamur pengobatan bekam di Indonesia. Bahkan sekarang sudah dibentuk ABI (Asosiasi Bekam Indonesia).
Oya kalo di Bandung ada BRC (Bandung Ruqyah Center), di Garut ada GRC, Bogor ada Akademi Farmasi Islam RADIX, Arimatea + Naturaid di Bogor dan Jakarta...belum lagi yang buka klinik...intinya kita menjalankan sebagian kecil syariat Islam..yaitu melalui cara2 yg pernah dilakukan Rasulullah SAW

roni kuta said...

iya nih aku pernah bekam dan memang benar,badan langsung terasa enak/ringan.tapi sekarang aku di jepang nih.ada gak ya ahli bekam disini?kalo ada aku mau tuh bekam lagi....MAJU TERUS ISLAM...JANGAN MAU DI ADU DOMBA...GANBATTE...

SYAFAKALLAH said...

assalaamu 'alaikum. Ada yang punya informasi ttg ABI (Asosiasi Bekam Indonesia) yg di Bandung gak? Gimana caranya untuk bergabung? Jazaka4wl khair